Welcome to SMP ISLAM ASSYAFI'IYAH 04

Cara Membuat Blog

Tutorial : Abulladi Elqail

Materi posting ini adalah penjelasan ringkas atas permintaan santri, Dianti Farhana dan Qurrota Ayunin kelas IX. Sebelum membahas bagaimana cara membuat blog, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu blog.

Blog adalah salah bentuk aplikasi web yang awalnya digunakan untuk kepentingan pribadi (private) sebagai catatan harian, media publikasi dan informasi yang bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia seperti website umum. Berbeda dengan website umum yang membuatnya membutuhkan biaya jutaan, membuat blog tidak dikenakan biaya apapun alias gratis (free of charge) asal buat sendiri kecuali menggunakan domain berbayar seperti .com, .net, .info. Dalam perkembangannya, fungsi blog ini sama seperti fungsi website, bisa juga sebagai media promosi jasa dan produk. Contohnya seperti blog ini atau blog ini juga.

Beberapa situs populer yang menyediakan fasilitas pembuatan blog adalah blogger.com (blogspot), wordpress.com, multiply.com, dll. Selanjutnya karena pengalaman saya menggunakan situs blogger.com, maka saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat blog yang menggunakan blogger atau blogspot.

Langkah-langkahnya:
1. Buka situs blogger.com
2. Klik tombol "BUAT BLOG" atau "CREATE A BLOG"
3. Isilah form atau pertanyaan-pertanyaan yang muncul di form.
4. Jangan lupa siapkan HP karena kode verikasi dikirim melalui nomor HP. untuk melangkah ke proses berikutnya.
5. Kalau semua pertanyaan sudah diisi, selanjutnya klik tombol "selanjutnya" atau "next".
6. Isilah form yang ada pada halaman ini, misalnya nama blog (tampilan nama blog), alamat blog misalnya http://namablog.blogspot.com, pilih jenis atau model template (disain blog) yang disukai.
7. Langkah terakhir adalah memulai blogging (posting).

Proses membuat blog ternyata sangat mudah seperti halnya membuat email dan facebook. Yang sulit adalah bagaimana cara memodifikasi blog agar tampil lebih menarik. Misalnya, bagaimana cara memasang gambar atau foto, bagaimana cara memasang buku tamu (guest book), bagaimana cara memasang ruang chatting, ini adalah salah satu trik dan tips memodifikasi blog agar tampil lebih menarik. Sebagian tips ini bisa dipelajari di blog tutorial ini.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : indograp | katalog | rumah kaligrafi
Copyright © 2014. SMP Islam Assyafi'iyah 04 - All Rights Reserved
Published by Pesantren Putri
Proudly powered by Blogger